Sabtu, 26 Oktober 2013

Tentang Sampah

Hari ini saya akan mengepost tentang SAMPAH. ^_^

A.Pengertian Sampah

PENGERTIAN SAMPAH adalah bahan yang tidak mempunyai nilai atau tidak berharga untuk digunakan secara biasa atau khusus dalam produksi atau pemakaian barang rusak atau cacat selama manufaktur arau materi berkelebihan atau buangan. Sampah adalah suatu bahan yang terbuang atau dibuang dari sumber hasil aktifitas manusia maupun proses alam yang belum memiliki nilai ekonomis.

B.Jenis Sampah

Berdasarkan asalnya sampah padat dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) yaitu :
  1. Sampah Organik = Sampah organik adalah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan hayati yang dapat didegradasi oleh mikroba atau bersifat biodegradable. Sampah organik mudah di uraikan dalam proses alami. Yang termasuk sampah organik, misalnya sampah dapur, sisa-sisa makanan, pembungkus(selain kertas, karet, plastik), tepung, sayuran, kulit buah, daun, ranting.
  2. Sampah Anorganik = Sampah Anorganik ialah sampah yang dihasilkan dari bahan-bahan non hayati, baik sebagai produk sintetik maupun hasil pengolahan teknologi bahan tambang, hasil olahn bahan hayati dan sebagainya. Sampah anorganik dibedakan menjadi :
  •  Sampah logam
  • Sampah plastik
  •  Sampah Kertas
  • Sampah deterjen
     3. Sampah B3 (Bahan Beracun & Berbahaya) = Sampah B3 adalah setiap limbah yang mengandung bahan berbahaya atau beracun yang karena sifat atau konsentrasinya dan jumlahnya, baik secara langsung maupun tidak langsung dapat merusak atau mencemarkan lingkungan hidup dan membahanyakan kesehatan manusia. contohnya: baterai bekas, bohlam bekas, kemasan cat, kosmetik, pelumas .

Itulah tentang sampah. ^_^

Tidak ada komentar:

Posting Komentar